Press "Enter" to skip to content

Kapolda Sumbar Lakukan Penanaman Bibit Nilam di Nagari Supayang Kabupaten Solok

 

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto, melakukan penanaman bibit nilam di lahan Polda Sumbar di Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok, Kamis (14/1/2021). Kegiatan ini dihadiri Sekda Kabupaten Solok Aswirman, Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, S.IK, SH, M.Si, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I.Pol, para PJU Polda Sumbar dan Polres Solok, serta undangan lainnya. Pemanfaatan lahan Polda Sumbar untuk penanaman nilam ini, bekerja sama dengan PT Sirukam Lumbung Nagari, guna mendukung program profesional modern terpercaya (Promoter) Polri.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto mengatakan nilam adalah suatu tumbuhan semak tropis penghasil sejenis minyak atsiri. Tanaman ini umum dimanfaatkan bagian daunnya untuk diekstraksi minyaknya, dan diolah menjadi parfum, bahan dupa, minyak atsiri, anti serangga, dan digunakan pada industri kosmetik.

Senada dengan Kapolda, Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, S.IK, SH, M.Si, berharap kegiatan ini bisa menampung tenaga kerja bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok umumnya. Menurutnya, lahan yang diresmikan ini seluas 25 Ha yang terdiri dari sudah digarap sebanyak 17 Ha untuk 4.000 pohon/Ha dan lahan cadangan sebanyak 8 Ha yang akan digarap selanjutnya.

Azhar Nugroho juga mengatakan, kegiatan pengembangan bibit Nilam mengikutsertakan masyarakat sebanyak 60 orang dan sudah menghasilkan panen. Pada bulan Maret 2021, akan dilakukan pengembangan kegiatan berupa pengelolaan sapi dan jagung manis karena lahan mendukung untuk pelaksanaannya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.