Press "Enter" to skip to content

Layanan Jemput Antar Warga Yang Akan Di Vaksin Sangat Bermanfaat

HUMASRESSOLOK – Guna menciptakan herd immunity , Percepatan vaksinasi Covid-19 dilakukan oleh Polres Solok, Polda Sumbar. Bertolak dari hal tersebut anggota Polsek Gunung Talang memfasilitasi warganya yang akan divaksin dengan layanan mobilisasi(2/12).

Dalam beberapa minggu ini, puluhan Personel dari Polsek Gunung Talang dan Polres Solok yang telah di Sprintkan diperbantukan bergerak ke rumah-rumah warga di berbagai jorong yang ada di Kec.Gunung Talang untuk jemput antar warga yang belum melaksanakan vaksinasi, terutama vaksin dosis 1 (satu).

Supaya praktis, Anggota sengaja menggunakan sepeda motornya sendiri. Karen tidak semua rumah masyarakat bisa dijangkau dengan kendaraan R4, selain itu dengan R2 gerakan dan mobilisasi yang cepat dan mudah.

“Kami sengaja memanfaatkan sepeda motor, karena lebih cepat dan efektif, selain itu bisa antar jemput warga hingga ke rumah masing-masing, terutama mereka yang tinggalnya sangat jauh dari titik lokasi gerai vaksin” ujar Personel Polsek Gunung Talang Bripka Dori Harlianto yang juga Bhabinkamtibmas di Nagari Cupak.

Satu hari kegiatan vaksinasi 1 (satu) orang personil sanggup memobilisasi sekitar 20 orang warga. Warga yang diberikan layanan ini merupakan yang berdomisili jauh dari lokasi pelaksanaan gerai vaksinasi.

“Telah beberapa minggu terakhir ini, ada 20 sepeda motor milik Anggota yang kita turunkan untuk mobiler warga kita yang belum melaksanakn vaksin sama sekali,” pungkas Kapolsek Gunung Talang, AKP Seventri, S.H.

Ide kreatif ini tercetus sebagai upaya mempercepat vaksinasi Covid-19 di kecamatan Gunung Talang Kab.Solok. Masyarakat tersebut diarahkan ke pusat layanan vaksinasi yang telah dipersiapkan.

Rata-rata, dalam sehari jumlah masyarakat yang mendatangi pos pelayanan vaksin di wilayah Polsek Gunung Talang mencapai 600 orang. Sebagian diantaranya diantar dan jemput oleh Personel Polsek Talang.

“Warga kita yang tinggalnya jauh dan sulit dijangkau transportasi umum, akan kita jemput dengan sepeda motor, dan setelah selesai vaksin kita antar kembali lagi ke rumahnya masing masing” jelasnya.

Berdasarkan Pencanangan Nasional, pada penghujung tahun 2021ini, ditargetkan minimal 75 % masyarakat sudah mengikuti vaksinasi. Guna untuk mendorong terciptanya kekebalan Kelompok atau herd immunity.

Kepolisian Republik Indonesia salah satu sektor penting dalam mewujudkan herd immunity. Program Sumatra Barat Sadar Vaksin (Sumdarsin) ini di adakan untuk meningkatkan kepekaan masyarakat akan pentingnya vaksin.

Apa yang dilakukan oleh Personel Polsek Gunung Talang ini mendapatkan tanggapan baik dari warga. Menurut Tomi (36) warga jorong Balai Pandan Nagari Cupak. Pendapatnya, pelayanan yang diberikan kepadanya memberikan kemudahan bagi dirinya dan masyarakat sekitar.

“Sangat bermanfaat, di jemput dan diantar langsung sama Pak Bhabin dengan motor,” ujarnya saat menjalani vaksinasi Covid-19 di Kantor Walinagari Cupak Kec.Gunung Talang.

Dalam vaksinasi yang dilakukan tersebut, dari 671 orang yang menjalani screening, 642 orang diantaranya mendapatkan suntikan vaksin, termasuk Tomi yang menjalani vaksin.

Walaupun vaksinasi Covid-19 sudah semakin meluas, masyarakat agar tetap mematuhi protokol Kesehatan. Menggunakan masker saat beraktifitas dliuar rumah dapat mencegah penularan secara langsung dari bahaya virus Covid-19.(HRS)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *