Press "Enter" to skip to content

Sungai Hulu Batang di Aia Dingin Lembah Gumanti Melimpah, Kapolres: Tidak Ada Korban Jiwa


HUMASRESSOLOK – Sore ini sekira pukul 16.00 Wib, peristiwa bencana alam meluapnya air Hulu Batang Hari di Jorong Data Nagari Air Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok dikarenakan tingginya curah hujan beberapa hari ini di Nagari Air Dingin, Sabtu (8/1).

Dengan adanya kejadian ini, Kapolsek Lembah Gumanti Iptu Edy Elison, S.H., bersama dengan Bhabinkamtibmas Nagari Aia Dingin, Briptu Davri Trio Putra dan Anggota langsung menuju lokasi bencana alam guna untuk mengetahui langsung lokasi pasti terjadinya banjir.

Adapun titik terkena Bencana alam tersebut berada di Jalan Lintas Alahan Panjang – Pantai Cermin Km. 15 Jorong Data Nagari Air Dingin Kec. Lembah Gumanti.

Akibat dari bencana alam meluapnya air Hulu Batang Hari tersebut, menggenangi rumah masyarakat dengan ketinggian 60 cm s/d 1 meter, termasuk Masjid Nurul Yaqin yang berada di pinggir Hulu Batang Hari digenangi air dengan ketinggian sekira 1 Meter dan juga menggenangi jalan lintas Alahan Panjang – Pantai Cermin.



Adapun warga masyarakat yang terdampak meluapnya air hulu Batang hari tersebut, sebanyak 21 Rumah / KK, dengan rincian sebagai berikut ;
– Zulmahendri & keluarga sebanyak 5 orang.
– Syafrizal & keluarga sebanyak 5 orang.
– Dodi Putra & keluarga sebanyak 5 orang.
– Nurlisna & keluarga sebanyak 5 orang.
– Si’ah & keluarga sebanyak 3 orang.
– Emi & keluarga sebanyak 2 orang.
– Gapuak & keluarga sebanyak 5 orang.
– Andri & keluarga sebanyak 5 orang.
– Da Han & keluarga sebanyak 4 orang.
– Mas & keluarga sebanyak 4 orang.
– Tek Eli.
– Edi Pekok & keluarga sebanyak 7 orang.
– Si An & keluarga sebanyak 7 orang.
– Anih & keluarga sebanyak 5 orang.
– Yan & keluarga sebanyak 4 orang.
– Syair & keluarga sebanyak 5 orang.
– Adril & keluarga sebanyak 5 orang.
– Masri & keluarga sebanyak 5 orang.
– Bardias Sa’d
– Syawal & keluarga sebanyak 2 orang.
– Sakdiah & keluarga sebanyak 6 orang.



Pada pukul 18.30 Wib, arus debit air sungai sudah mulai menyusut dan arus lalu lintas Alahan Panjang – Solok Selatan mulai lancar kembali.

Saat dikonfirmasi oleh Team Humas Res Solok kepada Kapolres Solok, AKBP Apri Wibowo, S.I.K., M.H., bahwasanya pada kejadian bencana tersebut tidak ada korban jiwa, sementara kerugian materil masih diselidiki.

“Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam
meluapnya air Hulu Batang hari tersebut, dan untuk kerugian materil kami masih menunggu hasil penyelidikan dari anggota dilapangan, mengingat iklim penghujan pada wilayah Lembah Gumanti, Aia Dingin dan masyarakat yang tinggal berdekatan dengan sungai, kami minta tetap waspada”, tutur AKBP Apri Wibowo.(HRS)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.