Press "Enter" to skip to content

TERGUGAHNYA HATI PAK BHABIN MELIHAT RUMAH WARGA YANG BERDINDINGKAN TERPAL, KECIL LAGI

Bripka Dori Harlianto / Bhabinkamtibmas Nagari Cupak

HumasResSolok – Pentolan Bintara SPN Padang Besi 15 tahun silam, Bripka Dori Harlianto tersentuh hatinya saat melihat rumah salah satu warga yang kecil berdindingkan terpal, tepatnya di Sungai Rotan Nag.Cupak Kecamatan Gunung Talang Kab.Solok.

Pak Bhabin”, sapaan akrab masyarakat Cupak kepadanya, sudah mengabdi pada Nagari Cupak lebih dari 3 ( tiga ) tahun lamanya.

Pemuda yang berasal dari Balai Selasa-Painan ini sudah lama mendedikasikan tugasnya di bidang Bhabinkamtibmas ini, memang dikenal ramah, santun, humanis dan murah senyum.

Kondisi Rumah Baik Dalam dan Luar Bapak Usman

Siang ini seperti biasa, saat melaksanakan *THTS rutin *( Tiada Hari Tanpa Silaturahmi ) ditengah tengah Nagari , dari kejauhan Bripka Dori melihat sebuah rumah beterpal orange, tersentuh hatinya saat melihat rumah sdr Usman (42) yang berukuran kecil berdindingkan terpal tersebut Rabu (22/6/22).

Melihat sesuatu yang ganjil itulah, Bripka Dori lanjut menghampiri dan berbincang bincang dengan pemilik rumah.

Usman (42) tinggal dirumahnya bersama 3 anak dan istrinya. luas rumah hanya sekira 2×2 meter beralaskan tanah dibentang tikar yang sudah usang, tidurpun seadanya, atap kayu dan dinding ditutupi terpal. Bisa dibayangkan suasana saat malam dikala hujan sewaktu tinggal dirumah yang sangat mungil itu.

Bripka Dori Bersama Bendahara UPZ, Bripka Isperi Mulyadi

Lampu ( listrik ) rumahnya pun tidak ada ,Usman (42) yang sehari hari bertani ini hanya memiliki penghasilan pas pas saja, cukup untuk makan sudah alhamdulillah”, pungkasnya.

Setelah berbincang cukup panjang, Pak Bhabin melihat lihat sekeling rumah baik dalam dan luarnya. “Pak Usman, inshaa Allah kami akan usahakan rumah bapak ini agar segera bisa dibedah, kami akan bekerjasama dengan beberapa instansi terkait, agar nantinya bapak bisa tinggal disini dengan layak”, tutur Bripka Dori.

Bripka Dori bergegas menuju ke perangat nagarinya ( Kantor Walinagari Cupak ), langsung menemui bapak Walinagari Cupak, sdr Fatmi Bahar Dt.Tuo.

Setelah diadakan rapat singkat pembahasan terkait rencana bedah rumah sdr Usman, bersama dengan perangkat Nagari Cupak. Fatmi Bahar Dt.Tuo selaku Walinagari mengambil tindakan cepat, bahwa berdasarkan Nagari Cupak Mandiri, kami sepakat untuk bekerjasama dengan instansi terkait agar bisa membedah rumah sdr Usman ini,” jelas Fatmi kepada Team Humas Res Solok.

Bincang Bincang Pak Bhabin Bersama Bapak Usman

Nagari Cupak sejak dibawah kepemimpinan Fatmi Bahar Dt.Tuo memang banyak mengalami perubahan, diantaranya BUMNag dan Islamic Boarding School terletak di Jorong Sawah Taluak yang sedang berkembangnya. Satu lagi tak kalah terkenal, yakni Pasar Kuliner Cupak, tempat kita bisa bersantai baik bersama teman dan keluarga menikmati makanan khas setempat sambil berkaraoke ria, tepat berlokasi di pasar Cupak. Sehingga geliat ekonomi masyarakat Nagari Cupak semakin meningkat.

Setelah didapati kata sepakat dari perangakat nagarinya, Bripka Dori lanjut menuju Mapolres Solok, guna menemui Bripka Isperi Mulyadi yang selaku Bendahara *UPZ Polres Solok *( Unit Pengumpul Zakat ). Bripka Dori menjelaskan semua hal rencana pengusulan bedah rumah yang akan dilaksanakan terhadap rumah sdr.Usman tersebut.

Bripka Isperi pun memberikan apresiasi kepada Pak Bhabin Cupak yang telah memberikan saran dan masukan kepada pihak UPZ Polres Solok, ” memang langkah yang tepat dengan apa yang disampaikan oleh Pak Bhabin kepada kami, melihat dari kondisi rumah Bapak Usman sangat patut rasanya rumah tersebut kita bedah” , tutur Bripka Isperi.

Sifat Ramah nan Humanis Pak Bhabin Bersama Anak Anak

“Dengan adanya bantuan Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Baznas, dari anggaran RTLH Baznas Kab. Solok, kami akan sesegara mungkin agar bisa membedah rumah sdr.Usman”, sambung Isperi.

Program bedah rumah tak layak huni sudah banyak dilakukan oleh pihak UPZ Polres Solok yang bekerjasama dengan Baznas Kab.Solok. Pada Kecamatan Danau Kembar saja, sudah 2 rumah dilaksanakan bedah rumah, Kec.Kubung sudah 2 rumah dan sekarang rencana sasaran pada Kec.Gunung Talang Nag.Cupak.

Tidak hanya program bedah rumah saja yang terregister pada UPZ Polres Solok , ada program bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya berobat, usaha produktif, bantuan yang bersifat sosial kemasyarakatan dan lain sebagainya.

“Mari kita sama sama mendo’akan agar rumah sdr.Usman bisa segera kita rehab dan perbaiki, supaya beliau bisa tinggal dengan nyaman dan layak bersama keluarganya” tutup Bripka Dori Harlianto.(HRS)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *