Press "Enter" to skip to content

Polres Solok Lat Pra Ops Zebra Singgalang di Ruangan Bhayangkari Polres Solok

Solok – Guna mewujudkan Keamanan keselamatan ketertiban dan kencaran berlalu lintas ( Kansel Tipcar Lantas), jajaran  Polres Solok mengikuti Latihan Pra Operasi Singgalang, Jum’at (30/9/2022) di aula Bhayangkari Polres setempat di Lubuk Selasih.

Mengiringi pembukaan Latihan Pra Operasi Zebra yang dihadiri seluruh Pejabat Utama, Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo, SIK, MH memberi penekanan kepada pelayanan yang baik kepada pengendara motor dengan sapa senyum dan tidak arogan.

” Kita harus mengutamakan keselamatan dalam bertindak. Karena itu, petugas jangan arogan di lapangan,” tegas Kapolres Solok.

Pada latihan Pra Operasi Zebra Singgalang itu, Kapolres Solok mengingatkan agar personil berupaya mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas. Bagaimana caranya, yaitu dengan mengedepankan kualitas pelayanan..

” Dengan tidak ada kenaikan data kecelakaan pada tahun 2021-2022 selama Operasi Zebra, ini merupakan suatu tolak ukur keberhasilan
Kegiatan Satuan Lantas,” tuturnya.

Disisi lain, Kapolres Solok juga menginstruksikan jajarannya melakukan edukasi kepada sekolah-sekolah tetang  peraturan berlalu lintas, karena kecelakaan kebanyakan terjadi pada pelajar.

” Kita harus mengedukasi sekolah, agar tidak menyediakan parkir kepada siswa,  karena kecelakaan di dominasi oleh pelajar,” ujarnya.

Gagasan tidak menyediakan parkir motor bagi siswa, dimaksudkan agar pelajar tidak membawa kendaraan ke sekolah sehingga bisa menimalisir angka kecelakaan.

” Kebijakan ini akan kita coba terapkan di sekolah pada sekitaran Gunung Talang,” sebutnya.

Terkait penindakan langsung (Tilang), AKBP Apri Wibowo mengatakan diutamakan kepada kendaraan dengan knalpot racing yang bersuara keras. Kecuali kendaraan bersuara keras seperti Harley tidak di tilang, karena knalpotnya memang sudah standar pabrik.

Kemudian penilangan dilakukan terhadap kendaraan motor bonceng lebih dari 3 orang, pengendara di bawah umur, berada di bawah pengaruh alkohol, dan tidak menggunakan safety belt

” Pada saat menegur masyarakat, jangan lupa diberi penghormatan dan tetap humanis,” pesan Kapolres Solok.

Apri Wibowo juga mengingatkan, apabila bertemu dengan pelanggar aturan yang emosi dan bernada tinggi kepada petugas, petugas tetap harus bersikap humanis dan jangan terpancing emosi

” Utamakan pelaksanaan Operasi secara preventif guna meningkatkan kedisiplinan masyarakat saat berlalu lintas,”  tutur (hendi yance)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.