Press "Enter" to skip to content

Program Jumat Curhat Polres Solok Keliling Nagari, Dengar Aspirasi Warga Demi Kamtibmas

Solok – Empat tim Polres Solok turun ke pasar-pasar di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (6/1/2023). Personel tersebut menyambangi masyarakat dalam program “Jumat Curhat”.

Jajaran Polres Solok mendatangi masyarakat yang sedang berkumpul di warung-warung, balai-balai adat untuk mendengarkan langsung aspirasi mereka. Personel yang turun mulai dari dari jajaran pejabat utama Polres Solok hingga polsek-polsek terkait.

Waka Polres Solok AKBP Irwan Zani memimpin Jumat Curhat di Nagari Jawi-jawi, Kecamatan Gunung Talang bersama Kasat Samapta Iptu Azwari Siregar, Kasat Reskim Edi Permana, Kapolsek Gunung Talang AKP Aam Hermanto bersama 10 orang personel lainnya. Kemudian di Kecamatan Danau Kembar dipimpin Kabag Ops Polres Solok Kompol Andri Nugroho.

AKBP Irwan Zani mengatakan, program turun langsung ke masyarakat ini dilakukan agar polisi mengetahui betul apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat. Baik tentang sikap personel Polri maupun masalah ketertiban masyarakat.

“Sesuai arahan Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo, kalau ada personel Polri yang nakal atau tidak melayani warga, silahkan sampaikan langsung kepada kami,” katanya.

*Tingkatkan Peran Niniak Mamak dan Bundo Kanduang*

Selain itu, Wakapolres Solok juga mengimbau agar para tokoh adat, Niniak Mamak, Alim Ulama dan Bundo Kanduang, untuk terlibat aktif memantau dan mengontrol pergaulan generasi muda (anak kemenakan di nagari).

Selain masalah narkoba, kasus-kasus yang menonjol ditangani Polres Solok adalah soal pencabulan hingga pemerkosaan. “Ini sangat penting peran Niniak Mamak dan Bundo Kanduang. Mari kita jaga anak kemenakan dari segala pergaulan bebas,” katanya.

Menurut Irwan Zani, tokoh adat dan Bundo Kanduang yang aktif akan dapat menghambat segala aktivitas menyimpang generasi muda. Mulai dari narkoba, pergaulan bebas dan sebagainya.

“Kontrol sosial harus diaktifkan kembali demi menjaga keamanan. Semua bisa kita basmi jika bersama-sama, terutama peran Niniak Mamak dan Bundo Kanduang,” katanya.

Sementara itu, Wali Nagari Jawi-jawi, Laswir Malin Putiah berterima kasih atas program Jumat Curhat Polres Solok. Menurutnya, kegiatan ini menjadi bukti bahwa Polri hadir di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, sejak dibentuk Satgas Pemuda Nagari, pihaknya sangat terbantu dalam mengontrol ketertiban masyarakat. “Terimakasih atas kerjasama dan perhatian Polres Solok. Ini langkah baik untuk menciptakan ketenangan di nagari-nagari,” katanya.

Usai bersilaturahmi, Wakapolres juga memberikan bantuan sembako kepada sejumlah warga kurang mampu di nagari tersebut.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.